Cara Mudah Menjaga Kestabilan Nutrisi Kehamilan

Caustical – Pertumbuhan dan perkembangan bayi sangat bergantung dengan cara Anda menjaga kandungan, salah satunya saat mengonsumsi makanan. Penting sekali untuk memperhatikan nutrisi kehamilan agar tidak bayi di dalam kandungan tidak mengalami kekurangan nutrisi. Anda perlu menerapkan cara mudah berikut ini untuk menjaga kestabilan nutrisi yang dibutuhkan tubuh.

nutrisi kehamilan

1. Hindari Junk Food

Junk food memang merupakan makanan yang rasanya enak dan bikin ketagihan. Hanya saja makanan ini sangat minim kandungan gizi, sehingga bisa dikatakan tidak memiliki nutrisi yang akan memenuhi kebutuhan tubuh selama hamil.

Anda sebaiknya menghindari makanan junk food karena selain tidak memiliki gizi, juga berisiko terhadap bayi di dalam kandungan. Risikonya ini bisa terjadi karena adanya kandungan kimia di dalam makanan yang kadarnya tidak diketahui secara detail.

2. Makan Buah dan Sayuran

Buah dan sayuran merupakan makanan yang memiliki nilai nutrisi yang tinggi dengan kandungan vitamin yang dimilikinya. Ada banyak sekali pilihan, sehingga tidak ada alasan untuk meninggalkan makanan ini setiap harinya. Anda bisa memilih dan melakukan pergantian menu buah dan sayuran yang dikonsumsi. Pilihlah buah dan sayuran yang masih dalam keadaan segar.

3. Mineral yang Cukup

Tubuh membutuhkan kandungan mineral yang cukup agar tidak mengalami dehidrasi. Anda perlu mengonsumsi air putih minimal 8 gelas setiap harinya. Konsumsi air yang cukup juga akan membantu proses pencernaan menjadi lancar, sehingga penyerapan nutrisi dapat berjalan dengan baik.

4. Konsumsi Asam Folat

Jaga stabilitas nutrisi selama kehamilan dengan mengonsumsi asam folat. Kandungan ini bermanfaat untuk melindungi bayi di dalam kandungan dari risiko kelainan otak. Anda juga akan memiliki kesehatan yang terjaga selama masa kehamilan. Kandungan asam folat ini bisa didapatkan dari sayur bayam, brokoli, buah jeruk, dan susu khusus ibu hamil.

5. Mengonsumsi Vitamin dan Suplemen

Selama kehamilan penting untuk Anda mengonsumsi vitamin dan suplemen yang dibutuhkan oleh tubuh. Manfaatnya untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan bayi di dalam kandungan tetap terjaga. Anda juga akan memiliki stamina yang baik, sehingga tidak mudah terserang penyakit.

6. Olahraga dengan Teratur

Dalam masa kehamilan Anda perlu melakukan olahraga secara rutin untuk menjaga kondisi tubuh. Nutrisi yang masuk ke dalam tubuh akan bekerja dengan baik menjadi energi dan memenuhi asupan yang dibutuhkan bayi. Ada banyak jenis olahraga selama masa kehamilan yang bisa dilakukan. Salah satunya senam khusus untuk ibu hamil.

7. Periksa Kehamilan

Kestabilan nutrisi perlu dijaga dengan melakukan pemeriksaan kehamilan ke dokter secara rutin.  Tujuannya untuk melihat nutrisi yang dikonsumsi sudah memenuhi kebutuhan tubuh atau belum. Dokter juga akan memberitahukan kondisi perkembangan janin Anda. Selain itu, saat pemeriksaan akan dilakukan penimbangan berat badan untuk menjadi salah satu acuan.

8. Hindari Kebiasaan Buruk

Biasanya hal ini terjadi pada kehamilan anak pertama, di mana ibu hamil tidak bisa menghindari kebiasaan buruk yang akan mempengaruhi nutrisi di dalam tubuh. Misalnya, mengonsumsi kafein dalam jumlah banyak yang dapat mengganggu keseimbangan nutrisi. Tidur yang kurang dari 8 jam sehari yang akan membuat proses penyerapan nutrisi tidak berjalan lancar.

Jagalah kesehatan Anda selama masa kehamilan dengan memenuhi nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. Selain memperhatikan makanan nutrisi kehamilan, penting juga untuk Anda menjaga kebersihan. Manfaat yang akan Anda dapatkan adalah terhindar dari masalah kuman dan bakteri yang dapat menimbulkan penyakit berbahaya serta berisiko bagi kesehatan Anda dan bayi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *